Diet Vegetarian Dapat Mengecilkan Risiko Penyakit Jantung?

Sayuran, adalah makanan yang seharusnya bisa kita konsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Selain itu, sayuran juga memberikan banyak manfaat, diantaranya melancarkan sistem pencernaan, serta menurunkan risiko dari beragam penyakit berbahaya, termasuk Jantung. Berdasarkan penelitian yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition, diet vegetarian dapat menurunkan risiko penyakit Jantung.

Diet Vegetarian Dapat Mengecilkan Risiko Penyakit Jantung?

Dalam penelitian tersebut terungkap jika pada orang yang melakukan diet vegetarian memiliki risiko sebanyak 32% lebih rendah terkena penyakit Jantung iskemik. Penyakit jantung ini merupakan serangan Jantung yang disertai keluhan nyeri dada. Diduga oleh para peneliti, jika tekanan darah dan kolesterol yang terjaga di dalam tubuh terjadi karena melakukan diet vegetarian. Faktor lain yang mungkin memengaruhi hal tersebut tidak lain adalah kandungan nutrisi dari sayuran, biji-bijian, dan lemak jenuh yang lebih rendah daripada daging.

Sementara, pada penelitian lain yang sudah dipresentasikan di pertemuan American Heart Association mengungkapkan jika pola makan vegetarian juga menurunkan risiko gagal ginjal. Jadi, pada orang-orang yang rutin mengonsumsi makanan nabati memiliki risiko hanya 42% lebih rendah untuk terkena gagal jantung selama 4 tahun.

Baca juga : Manfaat Sarang Semut Untuk Penyakit Jantung

Dengan kita mulai membatasi daging olahan, lemak jenuh, lemak trans, dan karbohidrat olahan, dan makanan tinggi gula adalah gaya hidup yang membuat jantung sehat, dan secara khusus dapat membantu mencegah dari penyakit gagal jantung. Dalam penelitian ini disebut jika diet dapat menjadi faktor penting dalam penyempitan arteri. Pada akhirnya, hal tersebut dapat menurunkan serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. Dalam penelitian lain dari American Heart Association menunjukkan jika pola makan vegetarian termasuk pilihan terbaik untuk mengurangi gagal jantung. Bahkan, hal itu berlaku untuk orang-orang yang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit jantung.

Kesimpulan dari berbagai penelitian tersebut menunjukkan jika diet vegetarian dapat menurunkan risiko penyakit Jantung. Walaupun begitu, Anda harus ingat untuk selalu menjaga porsi makan dan menghindari makanan manis. Jika mengabaikan hal itu, Anda malah mungkin saja mengalami Obesitas. Kondisi ini tentu dapat meningkatkan risiko serangan Jantung di lain hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *