Kekurangan Asupan Vitamin D Beresiko Gagal Jantung

Penyakit gagal jantung merupakan salah satu gangguan fungsi jantung yang berakibat kematian. Ada sebagian alasan mengapa seseorang bisa mengalami gagal jantung.

Menurut artikel yang dilansir dari liputan6, salah satu dari penyebab gagal jantung adalah Vitamin D. Benrarkah demikian?

Kekurangan Asupan Vitamin D Beresiko Gagal Jantung

Hal tersebut dibuktikan dalam beberapa studi yang meneliti terkait resiko gagal jantung. Salah satu penelitian yang dilakukan di Austria, menyatakan jika pada orang yang mengalami kekurangan Vitamin D berpotensi 3 kali lebih besar untuk terkena gagal jantung.

Sementara itu, dalam penelitian yang dilakukan di Jerman, mengungkapkan jika pasien dengan gagal jantung yang diberikan asupan Vitamin D yang tinggi, memiliki harapan hidup yang lebih besar ketimbang pasien yang tak mengonsumsi asupan vitamin tersebut.

Mengapa kekurangan Vitamin D menyebabkan gagal jantung? Diperkirakan ada sebanyak satu miliar orang di dunia mengalami kekurangan Vitamin D. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, khususnya gagal jantung. Sebenarnya, Vitamin D sendiri memiliki fungsi utama untuk menjaga kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Akan tetapi ada beberapa peran Vitamin D yang berhubungan dengan kinerja jantung, yaitu:

  • Membantu mengontrol tekanan darah dan glukosa darah.

Jika kedua hal tersebut jumlahnya tinggi di dalam tubuh, maka akan memicu gangguan fungsi jantung.

  • Dapat membuat otot jantung lebih kuat untuk memompa darah.

Mengurangi peradangan di dalam tubuh yang biasanya terjadi akibat terlalu banyak tumpukan lemak. Semua peran tersebut tidak dapat terpenuhi bila Anda tak memiliki Vitamin D yang cukup.

Ada beragam alasan yang menyebabkan kadar Vitamin D di dalam tubuh Anda kurang, yaitu:

  • Kurang mengkonsumsi makanan sumber Vitamin D.
  • Sedikit terpapar matahari.
  • Kelebihan berat badan.
  • Mengalami gangguan pencernaan, seperti penyakit Chron’s, cystic fibrosis, dan penyakit celiac, Vitamin D dari makanan tidak dapat dicerna dengan baik.

Perlukah konsumsi suplemen vitamin D?

Vitamin D sebenarnya sangat mudah didapatkan. Sumber termudah Vitamin D bisa Anda dapatkan dari sinar matahari. Saat Anda berada di luar ruangan di siang hari dan terpapar sinar matahari, maka sebenarnya tubuh Anda sedang menyimpan Vitamin D sebanyak-banyaknya saat itu.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *