Macam-macam Penyakit Jantung Yang Harus Diwaspadai

Mengulas tentang penyakit jantung, tidak hanya satu jenis saja. Namun, ada beberapa jenis dan istilah yang berbeda tergantung dari penyebab dan juga jenis sakit jantung.

Para penderita sakit jantung juga biasanya terkena lebih dari satu gangguan atau mengalami komplikasi.

Macam-macam Penyakit Jantung Yang Harus Diwaspadai

Berikut ini adalah Macam-macam Penyakit Jantung Yang Harus Diwaspadai.

1. Arritmatia.

Arritmia berarti ‘irama jantung tidak normal’ yang diakibatkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung yang berat ataupun ringan.

2. Gagal Jantung Kongestif.

Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung yang tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif. Dikatakan gagal bukan karena jantung berhenti bekerja, akan tetapi jantung tidak dapat memompa sekuat biasanya. Akibatnya darah bisa masuk ke paru-paru atau bagian tubuh lainnya.

3. Kelainan Katup Jantung.

Katup jantung berfungsi untuk mengendalikan aliran darah di dalam jantung. Pada saat katup jantung mengalami kelainan, hal ini dapat menggangu aliran darah tersebut, dan menyebabkan pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna menutup. Kelainan pada katup jantung ini bisa merupakan bawaan sejak lahir ataupun karena efek samping dari pengobatan.

4. Kardiomiopati.

Penyakit ini terjadi karena adanya kerusakan atau gangguan pada otot jantung yang membuat dinding-dinding jantung menjadi tidak bergerak secara sempurna saat memompa darah dan menyedot darah. Penderia Kardiomiopati pun memiliki risiko tinggi untuk mengidap Arritmatia dan gagal jantung.

5. Penyakit Jantung Rematik.

Penyakit jantung rematik adalah gangguan jantung yang disebabkan terjadinya kerusakan pada katup jatung yang diakibatkan oleh demam rematik. Bakteri streptokokus adalah salah satu penyebabnya.

6. Infark Miokard Akut.

Infark Miokard adalah kondisi dimana kematian otot jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pada arteri koroner. Otot-otot jantung pun akan tidak tersuplai darah sehingga mengalami kerusakan hingga kematian.

7. Inflamasi Jantung.

Penyakit ini terjadi di dinding jantung, selaput yang menyelimuti jantung dan bagian dalam jantung. Hal ini disebabkan oleh racun dan infeksi.

8. Aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah kondisi dimana dinding arteri yang mengalami penebalan karena lemak, kolesterol dan pembuangan sel lainnya yang mengendap sehingga pasokan darah ke sel-sel otot menjadi terhambat. Ateroskleroris bisa terjadi di seluruh bagian tubuh. Nah, saat terjadi pada dinding jantung maka akan disebut sebagai penyakit koroner atau penyakit jantung iskemik.

Penyakit ini dapat berlangsung menahun dan menimbulkan banyak gangguan penyakit. Aterosklerosis dimulai dari adanya lesi dan retakan pembuluh darah khususnya karena ada tekanan kuat pada pembuluh jantung. Kemudian di tahap selanjutnya, tubuh akan berusaha memperbaiki retakan tersebut dengan menempatkan zat-zat lemak pada pembuluh darah. Lalu lambat-laun karena proses keretakan yang selalu berulang, pembuluh jantung pun ditutupi oleh zat-zat lemak. Gejala awal penyakit ini adalah angina pektoris yang menyebabkan rasa nyeri di daerah jantung dan dada karena berkurangnya pasokan darah dalam jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *