Makanan Yang Dianjurkan untuk Penderita Angina

Angina, atau orang-orang awam lebih mengenal sebagai Angin duduk, adalah sebuah kondisi yang masih berkaitan dengan jantung. Tepatnya, Angina merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang berat di dalam dada. Hal ini berkaitan dengan organ jantung yang kekurangan asupan Oksigen sehingga menyebabkan rasa sakit tersebut.

Makanan Yang Dianjurkan untuk Penderita Angina
Dalam garis besarnya, kekurangan Oksigen didalam tubuh yang membahayakan jantung terjadi karena 2 penyebab. Pertama adalah adanya penyumbatan pada pembuluh darah di sekitar jantung yang membawa oksigen. Akibat dari penyempitan ini adalah kurangnya oksigen dari yang jumlah yang dibutuhkan. Yang kedua, adanya aktivitas berat yang mengakibatkan terjadinya lonjakan Oksigen yang lebih daripada biasanya. Aktivitas yang dapat menyebabkan lonjakan kebutuhan oksigen misalnya saat berolahraga, mendaki, atau saat mengalami stres.

Untuk menghindari Angina, beberapa cara bisa dilakukan dengan menjaga tekanan darah agar tetap stabil, kadar gula dan kolesterol.

Jika Anda termasuk orang-orang yang terkadang bisa mengalami kondisi Angina, dianjurkan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang direkomendasikan. Berikut selengkapnya.

Baca juga : Manfaat Konsumsi Ikan Salmon Turunkan Resiko Penyakit Jantung

Berikut merupakan anjuran makanan untuk penderita angina, diantaranya :

  • Menghindari konsumsi lemak jenuh dan bahan makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
  • Sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sereal, nasi, roti gandum, sayuran, serta makanan berserat.
  • Mengkonsumsi ikan, terutama ikan berminyak seperti salmon, tuna, makarel, dll.
    Sebaiknya hindari mengkonsumsi daging merah, Anda bisa menggantinya dengan daging ayam.
  • Mengkonsumsi makanan yang disiapkan dengan menggunakan bawang merah dan bawang putih akan bermanfaat untuk mengurangi tingkat kolesterol.

Seiring dengan pola makan yang telah ditetapkan, sebaiknya juga lakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih positif. Untuk Anda perokok, dan kebiasaan mengkonsumsi Alkohol sebaiknya segera tinggalkan.

Semoga bermanfaat, salam!

Makanan Yang Dianjurkan untuk Penderita Angina |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *