Manfaat Sarang Semut Untuk Penyakit Jantung

Setelah diketahui jika Sarang Semut memiliki kemampuan khusus dalam mengobati penyakit Tumor dan Kanker, kini Sarang Semut juga dijadikan sebagai salah satu tanaman herbal yang direkomendasikan untuk penyakit Jantung. Obat herbal Sarang Semut yang semula banyak digunakan warga Papua, kini meluas pemakaiannya hingga ke Jawa dan pulau lainnya di Indonesia.

Manfaat Sarang Semut Untuk Penyakit Jantung

Sarang Semut merupakan salah satu dari sekian banyak tumbuhan obat yang habitatnya banyak tumbuh di daerah Papua. Myrmecodia atau Sarang Semut ini adalah keluarga tumbuhan semut yang banyak tumbuh di Asia Tenggara.

Tumbuhan Sarang Semut termasuk jenis tumbuhan epifit, artinya tanaman ini tumbuh di cabang dan batang pohon lain yang lebih besar. Walaupun begitu, tanaman ini tidak hidup seperti tanaman parasit yang menghisap makanan dari inangnya, melainkan hanya sebagai tempat menempel, menumpang untuk tumbuh. Dan ada beragam tumbuhan epifit lainnya seperti lumut kerak, alga, lumut, anggrek dan lainnya.

Menurut pakar bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), lanjut Nuno, Sarang Semut disebutkan memiliki kandungan flavanoid, tannin serta polifenol. Ketiga zat ini termasuk bagian dari antioksidan penghalang pertumbuhan sel kanker dan penyakit jantung. Zat-zat ini merupakan antioksidan yang kuat, bahkan beberapa kali lebih kuat dari Vitamin C dan E sehingga memberikan efek menurunkan risiko beberapa jenis kanker dan penyakit kardiovaskuler. Bahkan tanaman ini juga telah terbukti juga mengobati diare dan menghentikan pendarahan. Sarang Semut juga dapat menghambat enzim xanthine oxidase yang berkhasiat menurunkan asam urat dan memperbaiki fungsi ginjal.

(lifestyle.kompas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *