Masalah Kesehatan Serius Dari Jantung Berlubang

Jantung berlubang atau Jantung bocor, termasuk kondisi dimana kelainan terjadi pada jantung. Kelainan yang bersifat bawaan ini membuat struktur jantung yang sudah ada sejak lahir bermasalahan dan menyebabkan aliran normal darah melalui jantung tidak normal.

Masalah Kesehatan Serius Dari Jantung Berlubang

Secara umum garis besar organ Jantung kita memiliki dua sisi (kanan-kiri), yang dipisahkan oleh dinding atau sekat bagian dalam yang disebut septum. Jantung sebelah kanan menerima darah miskin oksigen dari tubuh dan memompanya ke paru-paru. Sedangkan Jantung sebelah kiri menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru dan memompanya ke seluruh tubuh.

Penyebab Jantung dapat berlubang terjadi karena berbagai faktor, diantaranya :

  1. Faktor keturunan juga memliki peranan aktif dalam beberapa kelainan Jantung bawaan. Misalnya, orang tua yang memiliki cacat jantung bawaan sedikit lebih mungkin dibandingkan orang tua yang sehat.
  2. Anak-anak yang memiliki kelainan genetik, seperti sindrom Down, sering memiliki kelainan Jantung bawaan. Bahkan, 50% bayi dengan sindrom Down memiliki kelainan jantung bawaan.
  3. Merokok selama kehamilan juga telah dikaitkan dengan beberapa penyakit jantung bawaan, termasuk jantung bocor. Hingga saat ini para ilmuwan masih terus mencari penyebab jantung bocor.

Ciri-ciri penderita jantung berlubang bisa dikenali dari tanda-tanda dibawah ini.

  • Mudah lelah dalam melakukan aktivitas fisik.
  • Kelelahan.
  • Sesak napas.
  • Penumpukan darah dan cairan di paru-paru.
  • Mengalami bengkak di pergelangan kaki, perut dan vena di leher.

Penyakit Jantung Berlubang biasanya lebih umum terjadi pada bayi baru lahir. Namun, jika bayi yang memiliki VSD dengan kebocoran menengah atau besar dapat mengembangkan gagal jantung. Tanda dan gejala gagal jantung biasanya terjadi selama usia bayi 2 bulan pertama dengan tanda-tanda dan gejala gagal jantung sama dengan ASD seperti di atas.

Posted by Pengobatan Gagal Jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *