Mengenali Gejala Serangan Jantung Saat Tidur

Kita mungkin sering mendengar jika sebagian dari penderita sakit Jantung bahkan tidak memiliki riwayat sakit Jantung bisa meninggal akibat serangan Jantung saat tertidur. Lalu bagaimana kita mengenali gejala dari serangan Jantung jika saat tidur? Sebelum mengetahui bagaimana gejalanya, alangkah baiknya jika mengenal sedikit pengertian dari serangan Jantung berikut ini.

Mengenali Gejala Serangan Jantung Saat Tidur

Serangan Jantung adalah kondisi yang terjadi aat aliran darah yang kaya akan oksigen tiba-tiba terhambat ke otot Jantung, dan membuat Jantung tidak mendapat oksigen. Serangan jantung dapat disebabkan oleh penyakit Jantung koroner.

Adapun penyebab lainnya serangan Jantung yang jarang terjadi adalah penyempitan pada arteri Jantung yang memotong aliran darah. Di samping itu, serangan Jantung juga bisa terjadi karena adanya robekan pada arteri Jantung.

Serangan Jantung yang terjadi mendadak terkadang terjadi tanpa menimbulkan gejala atau tanda apapun. Jikapun ada, biasanya sangat sedikit dan tidak semua dapat merasakannya dengan tepat.

Pasalnya saat aliran darah tidak dipulihkan dengan cepat, bagian dari otot jantung akan mulai mati. Serangan jantung, juga disebut dengan infark miokard adalah kejadian gawat darurat yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani secepatnya.

Mengenali Gejala Serang Jantung Saat Tidur, dengan tanda-tanda berikut ini.

1. Berkeringat berlebihan di malam hari.

Banyak berkeringat di malam hari padahal cuaca sedang tidak panas dan membuat gerah adalah pertanda awal serangan Jantung, terutama pada wanita. Namun, gejala serangan Jantung saat tidur ini sering disalahpahami sebagai gejala menopause. Jika Anda terbangun dari tidur dan seprai Anda basah kuyup, atau Anda tidak bisa tidur nyenyak karena Anda terus berkeringat, ini bisa menjadi pertanda serangan Jantung.

2. Susah tidur nyenyak.

Jika waktu tidur Anda di malam hari dalam beberapa hari ke belakang terganggu, mungkin bisa jadi tanda awal akan munculnya serangan Jantung di kemudian hari. Biasanya, hal ini disertai dengan rasa lelah yang berlebihan selama seharian. Namun, hal justru ketika malam hari tubuh sulit untuk tertidur. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter karena bisa saja kondisi tersebut berkaitan dengan kesehatan Jantung Anda.

3. Sakit dada di malam hari.

Sakit di bagian dada merupakan tanda yang paling umum dari serangan Jantung. Gejala ini hadir dari tingkatan yang ringan hingga parah. Namun, lebih sering muncul dengan rasa sakit yang ringan, sehingga banyak orang yang tak menghiraukannya. Padahal, gejala ini dapat diartikan sebagai gejala awal dari gangguan jantung yang mungkin Anda miliki.

4. Detak Jantung tidak normal.

Jika Anda bangun di pagi hari kemudian merasa detak jantung Anda tidak normal, tak seperti biasanya, maka sebaiknya jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini dikarenakan detak Jantung yang tidak normal bisa jadi tanda awal dari serangan Jantung. Jika detak Jantung tak normal berlangsung selama setidaknya 5 menit, segerakan untuk pergi ke bagian gawat darurat, karena kondisi ini dapat membahayakan nyawa Anda.

5. Tubuh terasa sakit.

Pasien yang mengalami gangguan Jantung, biasanya juga merasakan rasa tidak nyaman dan nyeri pada seluruh tubuhnya. Terlebih pada bagian tubuh seperti tangan, leher, punggung, dan perut. Selain itu juga diiringi juga dengan napas yang pendek. Jika memang Anda mengalami hal ini, apalagi dalam frekuensi yang sering, maka segerakan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *