Merokok Dari Muda Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung Lebih Besar

Sudah jadi rahasia umum jika rokok, adalah salah satu pemicu masalah kesehatan berbahaya muncul namun tidak ada yang benar-benar meninggalkan kebiasaan yang satu ini, kecuali mereka memang berubah pikiran dan ingin menjalani kehidupan dengan gaya hidup sehat.

Merokok Dari Muda Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung Lebih Besar
Akibat dari mereka yang masih cukup sulit untuk tidak berhenti dengan kebiasaan ini,  maka bersiaplah resiko penyakit jantung tidak bisa terelakan lagi. Terlebih jika para perokok memulai kebiasaan buruk tersebut sejak usia muda. Padahal, faktanya ketika seseorang mulai merokok dalam waktu yang lama, ia beresiko tinggi terkena penyakit serius seperti jantung, kanker, stroke dan gangguan kesuburuan. Bahkan dalam penelitian terbaru dikejutkan dengan fakta mereka yang memulai kebiasaan merokok dari usia muda beresiko 8 kali lipat untuk terkena penyakit jantung dikemudian hari.

Seorang pakar kesehatan yang berasal dari Northern General Hospital yang ada di Inggris, yaitu Ever D. Grech mengemukakan fakta tersebut. Grech menggunakan penghitungan pola ST-Segmen Elevasi untuk mengukur apa yang terjadi pada organ jantung para perokok. Dari penelitian yang hasilnya terlihat pada eletrokardiogram, terlihat sangat jelas otot-otot jantung yang dimiliki para pecandu rokok sangatlah tidak sehat dan mengalami gangguan fungsi.

Grech juga mengungkap bahwa semakin muda usia seorang perokok, contoh saat seorang merokok semenjak usia 10 atau 11 tahun, maka resiko untuk mendapatkan penyakit arteri koroner bisa meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan yang tidak merokok. Selain itu, pecandu rokok nantinya akan sangat rentan terkena penyakit pembuluh darah perifer, yakni penyakit yang terjadi akibat penumpukan lemak di pembuluh darah sehingga menyebabkan aliran darah pada bagian kaki mengalami sumbatan dan terhalang.

Sayangnya tidak ada solusi apapun bagi para perokok untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung kecuali jika mereka memiliki keinginan kuat untuk benar-benar berhenti merokok.

Merokok Dari Muda Tingkatkan Resiko Penyakit Jantung Lebih Besar |

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *