Patah Hati Menyebabkan Serangan Jantung Bukan Mitos

Mungkin terdengar tidak masuk akal bagi sebagian orang ketika seseorang yang sedang patah hati tiba-tiba mengalami serangan jantung. Namun hal ini bukanlah sebuah mitos. Anda juga jangan pernah menyepelekan apa yang namanya patah hati, karena hal tersebut sudah terbukti bisa menyebabkan kematian menurut salah satu ahli jantung.

Patah Hati Menyebabkan Serangan Jantung Bukan Mitos

Patah hati adalah sindrom yang nyata, hal ini menyebabkan serangan jantung yang bisa menyebabkan seseorang kolaps, sesak nafas dan nyeri dada. Hal ini bahkan berkaitan dengan stress yang tiba-tiba terjadi. Misalnya sangat umum, seperti terjadi perdebatan, putus cinta dan stress karena kondisi keuangan. Dr Lawrence Philips mengatakan, sindrom patah hati ini disebut Takotsubo cardiomyopathy.

“Sindrom ini, kami melihatnya pada orang yang berada dalam kondisi stres. Jantung tidak berdetak normal. Tindakan pertama adalah untuk mengetahui apakah serangan jantung akibat dari penyumbatan umum,” kata Lawrence, sesuai ditulis Metro, Sabtu (14/1/2017).

Pasien biasanya pulih dari sindrom lebih banyak wanita dibandingkan dengan laki-laki. “Kami harus sangat agresif menggunakan obat untuk memperkuat jantung dan memberikan waktu bagi jantung untuk memperbaiki diri,” tambah Dr Lawrence.

Dari British Heart Foundation mengatakan, kasus Takotsubo cardiomyopathy pertama kali dilaporkan di Jepang pada tahun 1990.

Kata Takotsubo berarti gurita pot (pot octopus) dalam bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan ventrikel kiri jantung yang berubah menjadi bentuk yang sama mirip pot. Fungsi bagian tersebut berfungsi mengembangkan leher kecil dan putaran leher di bawahnya. Gejala utama dari Takotsubo cardiomyopathy berupa nyeri dada, sesak napas, mirip dengan serangan jantung. Dalam beberapa kasus, orang mungkin juga menderita jantung berdebar, mual dan muntah.

Semoga bermanfaat | Patah Hati Menyebabkan Serangan Jantung Bukan Mitos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *