Penyebab Jantung Berdebar Setelah Makan

Selesai makan Jantung terasa berdebar seperti tak biasanya? Jangan dulu khawatir, karena kali ini kita akan sedikit mengulas tentang penyebab jantung berdebar setelah makan.

Penyebab Jantung Berdebar Setelah Makan

Jantung berdebar setelah makan, secara umum memang bisa saja terjadi. Terutama jika menu makanan yang dikonsumsi terdiri dari jenis makanan kaya dengan gula, Karbohidrat dan lemak, dimana tubuh lebih membutuhkan energi lebih banyak dalam mencerna makanan tersebut, sehingga dibutuhkan pompa darah Jantung berlebih. Tidak hanya itu, makanan yang tinggi kandungan garam dan MSG juga bisa menyebabkan hal serupa. Terlebih jika Anda terbiasa menikmati minum kopi saat pagi, kafein berefek pada debaran Jantung.

Penyebab lainnya yang mungkin saja menjadi penyebab jantung berdebar setelah makan, seperti yang dilansir dari jawaban dr. Alyssa Diandra pada situs Alodokter, diantaranya :

1. Adanya alergi makanan. Melakukan pencatatan atas apa yang dimakan yang mungkin menimbulkan alergi penting terutama jika anda memiliki alergi lain sebelumnya

2. Gangguan jantung seperti adanya aritmia, penyakit jantung koroner, gangguan otot jantung, angina

3. GERD. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi yang Anda alami. Pemeriksaan fisik dapat membantu. Pemeriksaan lain seperti EKG, echocardiography, endoskopi dapat dipertimbangkan berdasarkan kemungkinan penyebab. Memang pengukuran EKG akan lebih baik saat serangan berlangsung. Jaga pola hidup sehat, hindari sarapan pagi yang terlalu tinggi kadar gula, karbohidrat atau lemaknya. Usahakan agar komposisinya seimbang 4 sehat 5 sempurna dan dalam jumlah yang cukup atau tidak terlalu banyak. Selain itu, minum air putih, hindari konsumsi kopi berlebihan, alkohol, atau merokok. Jaga pola hidup sehat dengan olahraga teratur, kelola stres untuk kualitas hidup yang lebih baik.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *