Perbedaan Gagal Jantung Dengan Serangan Jantung

Penyakit gagal jantung, dan serangan jantung adalah dua kondisi medis yang jelas berbeda, namun kebanyakan orang kerap menganggap keduanya sama, atau bahkan tertukar. Seperti yang telah dilansir laman health.liputan6, gagal jantung terjadi tepat saat tiba-tiba jantung berhenti berdetak.

Perbedaan Gagal Jantung Dengan Serangan Jantung

Seseorang dikatakan menderita gagal jantung menyebabkan dirinya memiliki detak jantung yang tidak teratur, nadi tidak berdenyut juga tidak bernafas. Hal tersbeut terjad akibat terjadi gangguan pompa jantung. Jantung tidak lagi dapat berfungsi untuk memompa darah ke otak, paru-paru dan seluruh bagian tubuh.

Dampaknya, orang yang mengalami kondisi tersebut menjadi kesulitan dalam bernafas dan tidak responsif. Jika tidak segera mendapat penanganan, maka gagal jantung ini dapat menyebabkan fatal yang mengancam nyawa hanya dalam beberapa menit saja. Bagaimanapun pasien harus dengan segera diberikan pertolongan. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah berupa pernafasan buatan kemudian segera dibawa ke rumah sakit.

Saat serangan jantung terjadi.

Serangan jantung terjadi dikarenakan adanya pembuluh darah arteri yang berhenti atau tersumbat saat mengalirkan darah bersama oksigen. Darah yang bercampur dengan oksigen tersebut tidak dapat masuk ke jantung. Hal seperti ini jelas membahayakan karena jika pembuluh darah arteri yang tersumbat ini tidak dibuka kembali dengan cepat maka akan berakibat fatal.

Tanda-tanda dan gejala serangan jantung umumnya dapat bertahan selama berjam-jam, berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Berbeda dengan gagal jantung, jantung tidak berhenti berdetak selama terkena serangan jantung namun jika pengobatan terlambat akan menyebabkan kerusakan pada jantung lebih besar.

Saat terjadi serangan jantung, seseorang akan merasakan tidak nyaman di dada dan tubuh bagian atas. Gejala seperti sesak napas, berkeringat dingin, mual atau muntah bisa terjadi. Gejala serangan jantung yang terjadi pada wanita sedikit berbeda. Wanita yang terkena serangan jantung akan merasakan nyeri pada punggung atau nyeri rahang, sesak napas, serta mual.

Serangan jantung sebenarnya tidak selalu menyebabkan seseorang terkena gagal jantung. Namun saat gagal jantung terjadi, serangan jantung bisa menjadi penyebabnya.

Bagaimana? Sudah paham tentang Perbedaan Gagal Jantung Dengan Serangan Jantung? Semoga bermanfaat, jaga selalu kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *