Resiko Serangan Jantung Di Usia Muda

Pengobatan Gagal Jantung,- Jangan pernah berpikir jika serangan Jantung hanya terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia saja, tapi di era sekarang ini bukan tidak mungkin serangan Jantung juga terjadi pada orang-orang di usia muda.

Dikutip dari laman health.liputan6 menyatakan jika serangan Jantung di Amerika Serikat telah mengalami penurunan dalam beberapa tahun kebelakang. Hal ini berdasarkan perhitungan mereka terhadap orang-orang di usia 50 tahun kebawah.

Resiko Serangan Jantung Di Usia Muda

Namun dalam hasil riset baru menemukan jika penderita serangan Jantung adalah mereka yang berusia muda dan memiliki faktor resiko; diantaranya mereka yang memiliki kadar kolesterol buruk yang normal dan kadar kolesterol baik mereka terlalu rendah.

Kolesterol jahat atau LDL memang sudah dikenal sebagai salah satu faktor resiko terhadap penyakit Jantung. Namun, para dokter lebih mengkhawatirkan tentang LDL dengan kadar tinggi. Pasalnya, kondisi ini dihubungkan dengan adanya peranan pada terjadinya plak penyumbatan arteri, dan peranan HDL lah nantinya yang berungsi untuk membersihkan penyumbatan tersebut, mengurangi efek inflamasi dan mencegah penggumpalan darah.

Akan tetapi tidak banyak yang mengetahui tiap-tiap peranan kolesterol disetiap indibidu muda yang terkena sarangan Jantung. Untuk melakukannya jelas dibutuhkan penelitian yang akurat dan tidak singkat. Maka dari itu para ahli yang melakukan penelitian, terutama para peneliti dari Harvard memeriksa rekam medis selama 16 tahun di dua rumah sakit besar. Mereka mengindetifikasi ada 813 pria di bawah usia 45 tahun dan wanita di bahwa 50 tahun yang pernah terkena serangan jantung.

Dalam penelitian para ahli ditemukan jika ternyata akibat dari keabnormalan yang banyak dimiliki oleh para pasien tadi adalah rendahnya HDL. Kadar HDL yang rendah harus dipertimbangkan sebagai indikasi meningkatnya risiko serangan Jantung. Serangan jantung yang terjadi di bawah usia 50 tahun khususnya lebih berbahaya bagi wanita. Mereka memiliki angka kematian yang lebih tinggi dibanding pria.

Bahkan, Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan agar orang dewasa memeriksakan kolesterol mereka setiap lima tahun sekali. Oang-orang dengan kadar HDL yang rendah perlu melakukan perubahan gaya hidup, dimulai dengan berhenti merokok, menambah waktu olahraga, mengontrol gula dan tekanan darah.

Untuk menghindari serangan Jantung, mereka juga harus mengurangi konsumsi makanan dengan tinggi akan lemak trans, dan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti: kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *