Kenali Tanda-tanda Gagal Jantung

Kenali tanda-tanda gagal jantung,- Pada umumnya orang-orang cenderung akan membiarkan tanda-tanda kecil penyakit jantung hingga keadaan yang lebih parah muncul. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda mengetahui tanda-tanda Gagal Jantung yang muncul sehingga nantinya akan mendapatkan penanganan yang tepat dan lebih baik.

Dan berikut ini adalah beberapa tanda-tanda gagal jantung seperti yang dilansir situs hidupkusehat.com, diantaranya:

Kenali Tanda-tanda Gagal Jantung

1. Kesulitan saat bernafas, terutama ketika berbaring atau tidur

Jika Anda pernah merasa seperti ada tekanan di dada sehingga menyebabkan Anda sulit untuk bernafas, mungkin Anda perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli jantung. Kesulitan bernafas ini dapat terjadi saat melakukan aktivitas atau saat berbaring atau pada malam hari (paroxymal nocturnal dyspnea). Kesulitan bernafas ini terjadi karena kurangnya kemampuan jantung untuk memompa darah keseluruh tubuh, sehingga darah pun kembali ke paru-paru.

2. Perasaan berat di dada

Orang yang didiagnosa memiliki penyakit jantung sering mengeluhkan rasa berat atau ada tekanan di dada. Terkadang, orang tersebut mengeluhkan nyeri dada saat melakukan aktivitas dan akan reda bila beristirahat. Nyeri dada atau disebut angina ini terjadi karena sel-sel jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena berkurangnya aliran darah ke otot-otot jantung.

3. Pakaian dan sepatu tiba-tiba menjadi sempit

Pada kasus gagal jantung, karena berkurangnya kemampuan kemampuan otot jantung untuk memompa darah, cairan dari darah dipaksa kembali ke jaringan tubuh. Gagal jantung, terutama gagal jantung kanan dikarakterisasi dengan akumulasi cairan di abdomen (perut bagian bawah) dan kaki. Karena terjadi akumulasi (penumpukan) cairan, seseorang yang mengalami gagal jantung akan mengeluhkan sempit saat memakai pakaian atau sepatu. Bila Anda mengalami hal ini, segeralah berkonsultasi ke dokter.

4. Merasakan lelah sepanjang waktu

Apakah Anda sering merasa lelah meskipun baru saja bangun di pagi hari? Sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk berkonsultasi. Kelelahan yang berkelanjutan atau terus menerus ini terjadi karena organ tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen untuk terus menghasilkan energi.

5. Batuk persisten (menetap)

Seseorang yang mengalami gagal jantung kongestif dapat mengalami batuk kronik atau terengah-engah karena adanya akumulasi cairan di paru-paru. Kondisi ini sering hanya dikira asma, masuk angin, atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Batuk dapat semakin memburuk saat berbaring atau saat pertama kali bangun dari tempat tidur. Batuk yang dialami dapat berupa batuk kering atau bersputum (berdahak) putih atau mukus (lendir) yang kental.

6. Kurangnya nafsu makan

Tanda lain dari gagal jantung adalah perasaan penuh di perut. Hal ini terjadi karena adanya akumulasi cairan di liver (hati) atau saluran pencernaan. Akibatnya, nafsu makan menurun dan Anda mulai makan dengan porsi sedikit. Hilangnya nafsu makan juga dapat disebabkan karena kelelahan yang dialami pasien. Sehingga aktivitas mengunyah akan terasa melelahkan.

7. Sering buang air kecil saat malam hari

Seringnya BAK saat malam hari merupakan tanda utama lain dari gagal jantung. Hal ini terjadi karena ada transfer cairan yang telah terakumulasi sepanjang hari dari kaki menuju ginjal melalui pembuluh darah. Untuk menghindari hal ini, jagalah asupan cairan saat malam hari.

8. Bermasalah dengan ritme jantung

Pada kasus gagal jantung, jantung mulai berdenyut lebih cepat untuk mengkompensasi kurangnya kekuatan pemompaan jantung.

9. Ansietas atau cemas

Ansietas merupakan tanda gagal jantung yang sering diabaikan. Ansietas ditandai dengan nafas cepat, denyut jantung cepat, dan telapak tangan yang berkeringat. Bila Anda mengalami hal ini, ceklah tanda gagal jantung lainnya.

10. Perubahan kebiasaan dan perilaku

Perubahan perilaku yang terjadi dapat berupa kurangnya nafsu makan, kurang tidur saat malam hari, atau berkurangnya aktivitas.

Demikianlah artikel seputar tanda-tanda gagal jantung, jika tanda-tanda seperti diatas sudah muncul atau Anda sering merasakannya, segera lakukan pemeriksaan sekarang juga. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kemungkinan yang terburuk yang dapat terjadi.

Kenali Tanda-tanda Gagal Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *