Mengenal Aritmia Jantung, Komplikasi Gagal Jantung

Salah satu komplikasi dari gagal jantung adalah aritmia jantung. Aritmia jantung (masalah irama jantung) terjadik etika implus listrik yang diproduksi oleh jantung yang mengkoordinasikan detak jantung tidak berfungsi baik, mengakibatkan jantung Anda berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur.

aritmia jantung

Sebenarnya aritmia jantung tidak terlalu berbahaya, namun dilihat dari beberapa jenisnya berikut ini, cukup perlu diwaspadai.

Berikut adalah 4 jenis aritmia jantung kategori umum:

  1. Bradikardia, yaitu suatu kondisi ketika jantung berdetak lebih lambat atau tidak teratur.
  2. Takikardia supraventrikular, yaitu suatu kondisi ketika jantung berdenyut cepat secara tidak normal.
  3. Fibrilasi atrium, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika detak jantung menjadi tidak teratur dan tingkat kontraksi organ tersebut sangat tinggi.
  4. Fibrilasi ventrikel, yaitu suatu jenis aritmia yang dapat menyebabkan penderitanya kehilangan kesadaran atau kematian mendadak akibat detak jantung yang cepat dan tidak teratur.

Karena aritmia berarti irama jantung, entah terlalu cepat atau bahkan terlalu lambat, maka penderita akan mengalami beberapa gejala seperti sesak nafas, lelah, pusing, nyeri dada dan hampir / sering pingsan.

Jika hal ini terjadi maka yang perlu dilakukan adalah segera lakukan pengobatan dengan menemui dokter secepatnya untuk mengetahui keadaan lebih lanjut.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Gagal Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *